Senin, 28 Mei 2012

Indahnya Pemandangan Gua Seplawan


     Mungkin anda jenuh dan penat dengan kesibukan serta hiruk pikuk perkotaan lepaskan lah kepenatan anda dengan menghirup udara segar dan melihati pesona Indahnya pemandangan Gua Seplawan...
     Goa Seplawan berada di desa Donorejo, kecamatan Kaligesing sekitar 40 kilometer ke timur dari pusat kota. Goa Seplawan adalah satu-satunya gua di Purworejo yang sudah dijadikan obyek wisata. Goa Seplawan itu merupakan satu situs yang sangat bernilai tinggi. Sebab, gua yang ditemukan pada 15 Agustus 1979 itu di salah satu sudut gua ditemukan sebuah arca emas 22 karat setinggi 9 cm dengan berat 1,5 kg. Arca itu berupa patung sepasang pria dan wanita yang sedang bergandengan tangan. Para ahli arkeolog meyakini bahwa patung itu adalah Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Arca itu merupakan peninggalan pada zaman Hindu Siwa. Kini arca tersebut disimpan di Museum Nasional. Sebagai gantinya , Pemerintah membangun replika arca didepan mulut gua, replika itu ukurannya lebih besar dari yang sebenarnya sehingga menyerupai monumen. Ada sebagian ahli sejarah juga menyatakan bahwa di sekitar Goa Seplawan pada jaman dahulu pernah di tinggali oleh Ratu atau Raja sebab di temukan sebuah Lingga Yoni yang melambangkan Kesuburan dan Kemakmuran .

     Selain memiliki keistimewaan sebagai situs pra sejarah Pesona Alam disekitar Goa Seplawan memang menghampar indah dan menyejukkan ada juga keistimewaan lainnya yaitu keindahan goa Seplawan itu sendiri. Goa itu memiliki ornamen-ornamen yang sangat indah dan mengagumkan seperti adanya stalaktit dan stalakmit yang indah dan juga aliran sungai bawah tanah, gua ini terkesan tenang dan damai ketika kita berada didalamnya.
Jalur yang khusus untuk para pengunjung sudah ada penerangan lampu sedangkan untuk cabang-cabang gua tidak dipasang lampu karena kondisinya yang berlumpur. Sehingga ada yang memberi nama cabang gua itu dengan istilah "istana lumpur" karena saking banyaknya lumpur.
    Disekitar goa juga sudah dibangun Gardu Pandang dan juga ada taman-taman bunga yang indah. Pemandangan disekitar gua seplawan sangat indah selain itu udaranya juga sejuk karena kawasan ini berada di ketinggian sekitar 800 mdpl. Melalui gardu pandang pengunjung bisa melihat pantai selatan, kota Kulonprogo, serta Waduk Sermo. Bahkan jika naik ke salah satu bukit di kawasan gua itu, Anda bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan juga Gunung Slamet. Namun, gunung-gunung itu hanya bisa dilihat pada pagi hari yang cerah.
 Inspirasi: http://www.purworejokab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar