Kamis, 31 Mei 2012

Mailing list

    Sejarah mailing list di indonesia berawal sekitar tahun 1987- 1988, sekelompok kecil mahasiswa Indonesia di Berkeley, Amerika Serikat membentuk milinglist Indonesia yang pertama. Adanya internet di Indonesia (1993-1994an), kepulangan mahasiswa yang belajar di Luar Negeri ke Indonesian sehingga miling list Indonesia juga terbentuk. Pada tahun 1995-1997, alumni ITB memberikan sumbangan2 buah Pentium yang turut andil menyumbangkan jasanya untuk pembentukan awal komunitas maya Indonesia sehingga            mencapai ratusan miling list.
      Devinisi Mailing list (milis) adalah forum diskusi lewat email, sebuah email yang dikirimkan ke milis akan diterima oleh semua anggota dan anggota lain dapat mengomentari. Sebelum bisa mengirim email ke milis, yang berminat menjadi anggota harus mendaftarkan diri ke milis. Ada beberapa web yang menawarkan layanan milis,
  Terdapat dua macam pengertian jenis milis antara lain:
  1. Sebagai daftar pengumuman, di mana sebuah "mailing list" yang digunakan banyak orang sebagai penerima untuk buletin, majalah atau iklan. Secara tradisional, hal ini dilakukan melalui sistem pos, tetapi dengan munculnya e-mail, milis elektronik menjadi populer.
  2. Sebagai sarana yang memungkinkan anggota untuk melakukan meng-unduh dan memuat data yang didapat kemudian disiarkan ke semua anggota milis lain. Kategori kedua ini biasanya dikenal sebagai daftar diskusi.
Kelebihan milis
  1. Milis dapat menerima informasi-informasi yang yang hanya disiarkan di milis tertentu dan disebarkan ke semua anggota
  2. Anggota milis akan mendapatkan berita up to date
Terdapat kekurangan milis seperti kurang praktis, milis juga tidak bersifat interaktif, dan merepotkan pengguna disaat ada informasi pada groupnya yang menyebabkan pesan masuk pada inbox email kita yang terkatdang membuat inbox email kita dipenuhi pesan tersebut sehingga pesan yang lebih penting akan terlambat masuk pada inbox.
Di dalam milis terdapat 3 kelompok:
1. owner/pemilik
2. moderator
3. member/anggota milis
Cara menjadi anggota milis
  1. Cari nama milis yang akan diikuti pada yahoogroup.com
  2. Mendaftarkan e-mail kamu ke milis tersebut,terdapat 3 cara yang bisa dilakukan (boleh pilih salah satu) antara lain:
ž  Surving ke situs
ž  Mengirim email untuk mendaftar
ž  Mendaftar langsung dari yahoogroups.com
Terdapat dua cara untuk bisa keluar dari anggota milis yaitu melalui :
-          Dari e-mail
-          Dari yahoogroup
Situs-situs yang menyediakan milis

  • Yahoogroup
  • Plasa.com
  • Isnet
  • Milis intern kampus atau perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar