Rabu, 30 Mei 2012

E-Book

Pertumbuhan dan kemajuan teknologi semakin berkembang pesat. Dengan kemunculan Internet ternyata dapat mempengaruhi penggunaan elektronik terhadap kehidupan manusia. sistem konvensional pun ikut beralih menggunakan teknologi. Kata electronic atau e- menjadi imbuhan kata yang memunculkan istilah-istilah yang populer antara lain electronic commerce atau e-commerce, electronic learning  atau e-learning, electronic bussines atau e-bussines, elebtronic book  atau e-book dan lain sebagainya.
Dengan semakin berkembangnya teknologi, informasi pun ikut mengalami perkembangan yang cukup besar. Buku atau dokumen merupakan salah satu sumber informasi. Sejak kemunculan Intenet serta penggunaan elektronik secara intensif oleh manusia. Maka muncullah e-book atau electronic book, dalam bahasa Indonesia disebut buku elektronik.
Awal kehadirannya, banyak orang menaruh harapan pada e-book atau buku elektronik ini untuk meningkatkan kemudahan pemahaman dalam belajar mengajar dan sebagai sumber informasi mutakhir. Sebab buku ini dapat memanfaatkan semua fasilitas computer dan multimedia untuk mempermudah mobilitas. 
A. Pengertian E-book atau Buku Elektronik
E-Book adalah buku elektronik dan dibaca  menggunakan aplikasi pembaca buku di komputer pribadi atau perangkat genggam yang dirancang khusus untuk membacanya.
Dapat dikatakan pula E-Book merupakan buku tercetak yang diubah-bentuk menjadi Elektronik.  Alat atau aplikasi untuk membaca E-Book disebut  E-book Reader.

B. Format E-book atau Buku Elektronik
Para pengalih media mempostingkan file Ebook dengan berbagai format untuk mengakomodasi program pembaca dan device yang berbeda-beda. Oleh karena buku relatif kecil dibandingkan dengan lagu dan film, banyak yang menawarkan ebook yang sama dengan format yang berbeda.
Berikut beberapa format ebook yang biasa ditawarkan di Internet:  
1. CHM (Compiled HTML Help File)File CHM (dibuat dari HTML) sering digunakan sebagai file yang berisi Help di aplikasi Windows, namun popularitasnya juga berkembang didistribusi ebook. Tidak seperti file teks biasa, CHM mempunyai fungsi pencarian, kompresi, dan pengaturan topic sehingga memudahkan kita dalam membaca gambar dan teks di dalamnya.   

2. TXT atau ASCII    
TXT atau ASCII adalah sederhana, teks yang tidak teratur, dan merupakan format yang paling umum, karena kemudahan dalam pembuatannya dan pembacaannya. Walaupun format ini tidak menampilkan grafis dan formatting seperti huruf tebal dan miring, file text bias dibaca oleh semua computer dan bias di-convert ke dalam semua format.

3. LIT
Format Microsoft Reader LIT menghadirkan format buku yang rapi dan teratur, termasuk juga cover buku jika menginginkannya. Dengan Microsoft Reader LIT ini kita dapat melompat dari satu halaman ke halaman lainnya, mencari kata, mengganti ukuran font, membuat catatan, dan menambah bookmarks. Microsoft Reader juga menyertakan sebuah library built-in yang bisa mengatur buku koleksi kita.

4. PDF 
File Portable Document Format (PDF) hanya bisa ditampilkan dengan menggunakan program Acrobat Reader. Program Acrobat Reader bersifat gratis dan tersediauntuk hampir semua system operasi termasuk penggunaan handheld. Walaupun beberapa buku melakuan proteksi copy, lebih banyak yang melepaskan format PDF menjadi bebas untuk disimpan dalam format lain dan di-print. 

5. Epub
Format buku digital yang telah menjadi standar resmi IDPF (International Digital Publishing Forum). Epub dibuat berdasarkan bahasa HTML dan XHTML dan bersifat terbuka sehingga boleh digunakan oleh perangkat apapun. Sekarang ini, format Epub telah didukung oleh beragam perangkat lunak dan perangkat keras, mulai dari PC, komputer tablet, hingga ponsel.

6.     Dan masih banyak format lainnya seperti RTF, DOC, PRC, HTML,  Djvu dan sebagainya. 

      C. Kelebihan E-book atau Buku Elektronik
1.      Ukuran fisik kecil
2.      Mudah dibawa
3.      Tidak lapuk
4.      Mudah diproses
5.      Dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak dapat membaca
6.      Penggandaan (duplikasi, copying)
7.      Mudah didistribusikan
      D. Kekurangan E-book atau Buku Elektronik
1.      Membutuhkan energi (listrik atau baterai) untuk dapat beroperasi
2.      Masih sedikitnya jumlah judul buku elektronik, e-book yang beredar
3.      Membutuhkan perangkat khusus untuk membacanya
4.      Rentan dengan kerusakan
     E. Situs-situs Penyedia E-book atau Buku Elektronik
1.      Buku-e (http://www.buku-e.lipi.go.id/)
2.      Garuda (Garba Rujukan Digital) (http://garuda.dikti.go.id/)
3.      Dunia Download (http://www.duniadownload.com/)
4.      Scribd (http://www.scribd.com/)
5.      Kang Suzi (http://www.kangzusi.com/)
6.      Dan masih banyak yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar