Senin, 28 Mei 2012

Rasa Klaras Kue Lompong

    Beberapa dari anda mungkin masih asing dengan kue lompong. Namun bagi masyarakat Purworejo dan sekitarnya sudah pasti sangat kenal. Kue Lompong adalah kue basah manis dengan bulir kacang di dalamnya.
     Bahasa Jawa, lompong berarti talas atau lumbu. Jika demikian, apakah kue lompong disini berarti kue talas? dapat dikatakan demikian. Unik memang, karena lompong umumnya dikonsumsi sebagai sayuran. Tidak sedikit juga yang mengatakan, lompong adalah santapan orang desa.
Menariknya, kue satu ini adalah karena dibungkus menggunakan daun pisang kering yang sering disebut klaras. Warna hitam ynag didapat pada kue ini ternyata memang berasal dari tanaman lompong. Tepatnya dari batang lompong yang dilumatkan dan dicampur pada adonan kue.
     Dalam setiap gigitan kue lompong, akan ada rasa yang sangat khas di lidah kita, yaitu rasa klaras yang menjadi pembungkusnya. Inilah yang menjadi keunikan lain dari kue lompong, adanya rasa yang mungkin tidak familiar untuk dikecap. Harga satu biji lompong sekarang ini sekitar Rp 1500 per biji.
     Pembuatannya cukup sederhana, bahan-bahan adonan dicampur, sementara kacang tanahnya digoreng kemudian dihaluskan. Setelah siap, adonan dicetak sedemikian rupa, hingga bentuknya berupa kepalan, bundar dan pipih. Tak lupa didalamnya diisi dengan kacang tanah yang telah dihaluskan. Selanjutnya, dimasukkan dalam minyak goreng mentah, agar tidak lengket ketika dibungkus.  Bentukan adonan itu lalu dibungkus dengan klaras dengan pola lipat yang menyerupai tempe. Berikutnya, bungkusan-bungkusan itu dikukus selama 2 jam. Setelah matang, semakin lama, kue ini akan mengeras. Selera pembeli pun beragam, ada yang suka dengan kue lompong yang masih empuk, ada pula yang suka pada kue lompong yang lebih keras. Kue ini sanggup bertahan selama sekitar seminggu hingga 10 hari, karena kue ini sifatnya cepat keras, maka untuk menghidangkannya harus mengukusnya kembali. Ayo...ayoo selamat mencoba nikmatnya rasa klaras dari kue lompong...:’)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar