Senin, 28 Mei 2012

Tripel Lingkaran "Geblek Purworejo"


    Geblek dalam bahasa jawa bukan berarti "bodoh", akan tetapi makanan khas Kabupaten Purworejo. Makanan kecil yang berbentuk tripel lingkaran dan berwarna putih ini dibuat dari ketela dan santan, namun di Purworejo komposisinya ditambah dengan tepung pati  yang akan membuat teksturnya menjadi lebih kenyal.  
     Geblek di purworejo enak dimakan saat hangat. Ada dua  jenis Geblek purworejo, Geblek Mbener yang berasal dari Purworejo bagian utara. Ada taburan kelapa gorengnya yang menambah rasa makin sedap. Lalu Geblek Binggel, kebanyakan terdapat di wilayah Kota Purworejo (bagian selatan dan barat). Rasanya lebih kenyal karena acinya lebih banyak.
   Biasanya geblek dijual per buah, harganya Rp 300 per biji untuk geblek mentah dan Rp 500 untuk geblek matang. Nah, geblek mentah ini pun cocok dijadikan oleh-oleh karena tahan sampai 3 hari.
    Menikmati geblek lebih enak dalam keadaan masih hangat, karena jika sudah dingin rasanya kurang enak, dan keras. Apalagi bila geblek dimakan dengan dicocol bumbu kacang,,,wah rasanya jadi mantap sekali, pas sekali buat teman minum teh atau kopi.




Inspirasi: http://www.purworejokab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar