Jumat, 16 Maret 2012

Lereng Bukit " Geger Menjangan "


Kawasan wisata alam bukit kecil yang satu ini berada di sisi utara kota sekitar 1 Km tepatnya di Kelurahan Trirejo, Kecamatan Loano dengan luas kawasan sekitar 12,75 Ha. serta ketinggian sekitar 125 - 200 mdpl. Bukit kecil ini dikenal dengan nama Geger Menjangan, dari atas puncak Bukit Geger Menjangan kita bisa memandang landscape Kota Purworejo dari ketinggian. Selain itu kawasan ini juga menawarkan beberapa obyek rekreasi diantaranya taman bermainan anak, kolam renang, kolam pemancingan, arena minicross, dan panjat tebing.
Taman bermain anak, kolam renang dan pemancingan terletak di pintu masuk kawasan. Suguhan yang lebih dikhususkan untuk anda kawula muda berupa arena minicross berupa lahan yang cukup luas dengan kontur tanah yang sangat menantang dan arena panjat  tebing dengan kontruksi baja berketinggian 15 m.
Perjalanan dari pintu masuk obyek hingga puncak bukit memang cukup mengasyikan. Anda akan ditantang untuk membuktikan kehandalan tenaga dengan mendaki sejauh 1.800 m menyusuri  jalan setapak. Setelah di puncak bukit ada sebuah bangunan yang berukuran 6 x 10 m, itulah gardu pandang yang sengaja dibuat sebagai tempat istirahat dan untuk menikmati pemandangan alam Purworejo yang cukup luas, dari puncak-puncak Bukit Menoreh di sisi utara, persawahan hijau yang sangat luas sejauh mata memandang, aliran Sungai Bogowonto, hingga birunya laut selatan yang menyajikan garis cakrawala nan indah.


Satu lagi tempat menarik di kawasan Geger Menjangan adalah sebuah makam tua, yakni makam Kyai Imam Puro. Konon dari ceritanya Kyai tersebut merupakan salah satu tokoh yang besar andilnya bagi keberadaan Kota Purworejo, sampai-sampai sejarahnya pernah ditawarkan menjadi tonggak hari jadi Kota Purworejo. Setiap mejelang bulan Ramadhan ribuan orang baik lokal maupun luar daerah melakukan aktivitas ziarah atau orang Purworejo sendiri menyebutnya nyadran.

Inspirasi:http://wisata.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar